TUGAS 1 ETIKA PR0FESI (10/02/10)

1. Jelaskan pengertian, cakupan dan tujuan dari etika profesi keteknikan!
2. Jelaskan perbedaan profesi dan pekerjaan! Berikan contoh masing-masing!
3. Apa yang dimaksud dengan kode etik?

Jawaban:

1. Pengertian Etika profesional adalah hal-hal yang menyangkut isu-isu moral yang timbul karena spesialis mencapai pengetahuan yang profesional, dan bagaimana penggunaan pengetahuan ini harus diatur saat memberikan layanan kepada publik.
Cangkupan Kode Etik yang merupakan panduan dasar perilaku profesional dan memaksakan tugas insinyur profesional, sehubungan dengan:
• masyarakat;
• majikan;
• klien;
• kolega, termasuk pegawai dan bawahan;
• teknik profesi; dan
• dirinya sendiri.
Tujuan dari Kode Etik adalah, insinyur profesional mempunyai tugas yang jelas kepada masyarakat, yang menganggap tugas untuk kesejahteraan masyarakat penting, di atas kewajiban mereka kepada klien atau majikan. Tugas mereka untuk melibatkan pengusaha setia bertindak sebagai agen atau wali, klien mengenai informasi sebagai rahasia dan menghindari atau mengungkapkan konflik kepentingan. Tugas mereka untuk klien berarti bahwa insinyur profesional harus segera mengungkapkan apapun kepentingan langsung atau tidak langsung yang mungkin prasangka (atau tampaknya prasangka) penilaian profesional mereka.

2. Perbedaan profesi dan pekerjaan adalah

A. Pengertian
Pekerjaan : merupakan suatu kegiatan yang tidak bergantung pada suatu keahlian tertentu. Jadi setiap orang dimungkinkan memiliki pekerjaan namun tidak semuanya tertumpu pada satu profesi. Pekerjaan dalam arti luas adalah aktivitas utama yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan uang bagi seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah ini sering dianggap sinonim dengan profesi padahal tidak.
Profesi : merupakan suatu kegiatan yang sangat bergantung pada keahlian tertentu. Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya

B. Ciri-ciri
Pekerjaan : Dalam melakukan pekerjaan tidak mengandalkan keahlian dan pengetahuan khusus, pekerjaan yang dilakukan hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, memiliki status yang rendah di masyarakat dan hanya bisa menghasilkan sedikit uang.
Profesi : Adanya pengetahuan khusus, yang biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun, memiliki status yang tinggi di masyarakat dan biasanya akan menerima gaji yang besar

C. Contoh Pekerjaan
Pekerjaan : Operator, penjaga warnet, tukang ketik di rental, Teknisi Komputer, dll.
Operator adalah : penjaga dalam channel yang berhak untuk kick/ban seseorang yang melanggar peraturan channel.
Profesi : Programmer, IT HelpDesk, AutoCAD Drafter, Sales, WebMaster, Web Chief Editor, Web Administrator, Unix Admnistration Manager, Director Software, Java Developer, System Architect, web designer, graphic designer, dll.

3. Kode etik adalah sistem norma, nilai dan aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik, dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional. Kode etik menyatakan perbuatan apa yang benar atau salah, perbuatan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Tujuan kode etik adalah agar profesional memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai atau yang membutuhkan. Adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak profesional. Kode etik dibuat untuk mengatur tingkah laku moral suatu kelompok yang berguna untuk kepercayaan masyarakat akan suatu profesi. Kode etik berfungsi sebagai pemandu sikap dan perilaku, manakala menjadi fungsi dari nurani.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: