TUGAS 2 ETIKA PR0FESI (22/02/10)

1. Jelaskan yang dimaksud dengan dilemma moral, beri contoh dalam kejadian dalam kehidupan sehari-hari.
2. Jelaskan paham kantianisme dan berikan contohnya!
3. Paham utilitariansme banyak dianut oleh para profesional di bidang keteknikan. Jelaskan alasannya!

Jawaban:

1. pengertian dilema adalah sebuah situasi di mana Anda harus memilih antara dua alternatif yang sama-sama tidak menyenangkan. Ada pepatah lama yang mengatakan “anda akan berada di ujung tanduk dilema” yang menunjukkan betapa menyakitkan dapat posisi ini. Sebuah dilema moral bahkan lebih buruk, karena pilihan apapun yang Anda pilih, seseorang atau sesuatu akan menderita. Dalam dilema moral, anda harus memutuskan secara moral tindakan yang benar, bukan hanya yang Anda inginkan.
Dua contoh terkenal dilema moral adalah:
• Anda dapat menyelamatkan (dari api, katakanlah) baik benda kuno, benda berharga atau yang sakit, mabuk dan menjijikkan secara moral manusia.
• seorang dokter hanya dapat beroperasi pada satu pasien – ia harus memilih antara yang baik, keluarga kabur pria dan seorang seniman berbakat yang juga manusia yang mengerikan.
Contoh dilema moral sehari-hari:
Anda memiliki mental terganggu relatif (bahkan bisa anak Anda sendiri.) Orang yang membuat hidup ini neraka bagi keluarga Anda dan anak-anak menderita. Di sisi lain, relatif lebih bahagia dengan Anda daripada dia akan berada di tempat lain. Jika Anda melanjutkan untuk merawat orang ini atau menempatkan mereka dalam sebuah lembaga? keputusan Semacam ini yang menyakitkan, di mana setiap solusi melibatkan semacam kehilangan, adalah suatu dilema moral.

2. Kantianisme – adalah sebagai pengikut paham dari Immanuel Kant
Imperatif kategoris (Kantianisme): Immanuel Kant berpendapat bahwa satu-satunya indikasi dari kebenaran atau kesalahan dari suatu tindakan adalah tuntutan akal sebagai diartikulasikan dalam imperatif kategoris (yaitu, bahwa tugas yang beruang atas setiap kemungkinan situasi semacam moral, apa pun fakta-fakta mungkin). Jika kita mengikuti perasaan kita, emosi kita atau harapan kita untuk kebaikan kita sering menyesatkan dan tergoda untuk bertindak untuk manfaat kita sendiri. Alasan, di sisi lain, menyediakan sumber tuntutan tidak memenuhi syarat pada kita; itu mengatakan kepada kita apa yang harus kita lakukan terlepas dari kepentingan kita sendiri.
Contoh paham Kantianisme:
• Situasi dan dilema moral, tampaknya timbul di mana konflik tugas, dan kami tidak dapat memenuhi satu tanpa melanggar atau mengabaikan yang lain. Aborsi untuk menyelamatkan hidup si ibu mungkin salah satu kasus seperti itu.
• Jika Anda membayangkan sekelompok rasional, namun pihak tanpa pamrih dipaksa untuk setuju di bawah selubung ketidaktahuan.
• prinsip-prinsip keadilan yang seharusnya mengatur semua hubungan. misalnya, untuk mematuhi aturan-aturan satu instansi tempat bekerja atau studi, atau rekening untuk perkawinan kesetiaan dalam masyarakat sekuler.

3. Teori etika utilitarian didasarkan pada kemampuan untuk memprediksi konsekuensi dari suatu tindakan. Untuk seorang utilitarian, pilihan yang memberikan manfaat terbesar bagi kebanyakan orang adalah pilihan yang secara etis benar. Satu keuntungan dari teori etika ini adalah bahwa utilitarian dapat membandingkan solusi diperkirakan serupa dan menggunakan sistem poin untuk menentukan pilihan yang lebih bermanfaat bagi lebih banyak orang. Sistem poin ini memberikan argumen logis dan rasional untuk setiap keputusan dan memungkinkan seseorang untuk menggunakannya pada kasus-kasus oleh konteks.
Ada dua jenis utilitarianisme, utilitarianisme tindakan dan utilitarianisme aturan.
Undang-undang utilitarianisme melekat persis dengan definisi utilitarianisme. Dalam utilitarianisme tindakan, seseorang melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi kebanyakan orang, terlepas dari perasaan pribadi atau kendala sosial seperti undang-undang. Namun, Peraturan utilitarianisme memperhitungkan hukum dan berkaitan dengan keadilan. Sebuah aturan utilitarian berusaha untuk bermanfaat bagi kebanyakan orang, tetapi melalui yang paling adil dan paling hanya berarti tersedia. Oleh karena itu, tambah manfaat aturan utilitarianisme adalah bahwa nilai-nilai keadilan dan termasuk kebaikan pada waktu yang sama.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan komentar